Alvi Hadi Sugondo berkata, menjaga kepercayaan itu jauh lebih penting dari pada
mendapatkan kepercayaan. Jika mendapat kepercayaan, itu lebih kearah janji dan
kesan pertama yang mudah diciptakan di mata prospek atau orang yang akan kita
ajak bekerjasama. Namun menjaga kepercayaan adalah bentuk pembuktian bahwa kita
sesuai apa yang kita katakan.
Alvi Hadi Sugondo menambahkan, Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting, terutama
dalam membangun sebuah hubungan bisnis. Tanpa kepercayaan, tak akan ada bisnis
(no trust, no business), namun dengan
adanya kepercayaan maka akan mempermudah orang mau berbisnis dengan kita.
Menurut Alvi Hadi Sugondo , Jika kepercayaan itu begitu penting, bagaimana cara menjaga
kepercayaan agar tidak rusak dan hilang?
Tak ada cara lain selain merawat dan menjaga sebaik-baiknya
agar tidak hancur. Kepercayaan itu ibarat cermin, jika sudah retak mustahil
akan kembali seperti sedia kala. Karena itu, jika anda sudah mendapat
kepercayaan, harus dijaga dan dipelihara.
Menjaga kepercayaan itu sebenarnya tidak terlalu sulit, yang
sulit adalah konsisten menjaga kepercayaan dalam waktu lama. Ini perlu teknik
khusus, agar apa yang kita usahakan berjalan dengan rencana yang sudah kita
tentukan.
"Banyak orang yang awalnya mudah sekali mendapat kepercayaan
dari customer dan klien, namun pada bulan berikutnya kepercayaan itu jadi
hilang. Mengapa itu terjadi? Karena mereka tak bisa menjaga dalam waktu yang
lebih lama. Sehingga klien dan customer jadi kecewa atas pelayanan dan pekerjaan
orang itu" ujar Alvi Hadi Sugondo
Sebenarnya membangun dan memelihara kepercayaan itu tidak
sesulit yang kita bayangkan. Kuncinya adalah menjaga hubungan dan berkomunikasi
yang baik serta memenuhi apa yang klien kita harapkan. Itu saja.
Hindari terlalu banyak janji di depan atau PHP (Pemberi
Harapan Palsu), karena ini yang menjadi biang kerok klien jadi kecewa. Lebih
baik tak terlalu banyak janji tapi saat pelaksanaannya kita memberi banyak
nilai tambah. Ini yang paling disuka
para klien dan customer.
"Menjaga kepercayaan sama pentingnya dengan menjaga profit
bisnis. Karena keduanya saling berkaitan dan berhubungan erat. Semakin kita
bisa menjaga kepercayaan maka semakin mudah kita mendapat order hingga menambah
pendapatan. Sebaliknya, jika kurang bisa menjaga kepercayaan maka lambat laun
akan semakin sulit mempertahankan apemasukan dan akhirnya akan semakin
berkurang" ujar Alvi Hadi Sugondo
Kesimpulan yang bisa kita petik adalah jagalah kepercayaan
yang sudah orang lain berikan, jangan kecewakan walau hanya sekali. Sebisa
mungkin, beri nilai tambah dan jangan banyak janji diawal perjanjian. Tetap
konsisten menjaga kualitas kerja dan selalu membangun hubungan komunikasi yang
terbaik, agar hubungan makin harmonis. Tetap semangat.
Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO "SENI MENJAGA KEPERCAYAAN DALAM HUBUNGAN BISNIS""
Posting Komentar