ALVI HADI SUGONDO "SENI MENJAGA KEPERCAYAAN DALAM HUBUNGAN BISNIS"




Alvi Hadi Sugondo berkata, menjaga kepercayaan itu jauh lebih penting dari pada mendapatkan kepercayaan. Jika mendapat kepercayaan, itu lebih kearah janji dan kesan pertama yang mudah diciptakan di mata prospek atau orang yang akan kita ajak bekerjasama. Namun menjaga kepercayaan adalah bentuk pembuktian bahwa kita sesuai apa yang kita katakan.
 
Alvi Hadi Sugondo menambahkan, Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting, terutama dalam membangun sebuah hubungan bisnis. Tanpa kepercayaan, tak akan ada bisnis (no trust, no business), namun dengan adanya kepercayaan maka akan mempermudah orang mau berbisnis dengan kita.



Menurut Alvi Hadi Sugondo , Jika kepercayaan itu begitu penting, bagaimana cara menjaga kepercayaan agar tidak rusak dan hilang?

Tak ada cara lain selain merawat dan menjaga sebaik-baiknya agar tidak hancur. Kepercayaan itu ibarat cermin, jika sudah retak mustahil akan kembali seperti sedia kala. Karena itu, jika anda sudah mendapat kepercayaan, harus dijaga dan dipelihara.

Menjaga kepercayaan itu sebenarnya tidak terlalu sulit, yang sulit adalah konsisten menjaga kepercayaan dalam waktu lama. Ini perlu teknik khusus, agar apa yang kita usahakan berjalan dengan rencana yang sudah kita tentukan.

"Banyak orang yang awalnya mudah sekali mendapat kepercayaan dari customer dan klien, namun pada bulan berikutnya kepercayaan itu jadi hilang. Mengapa itu terjadi? Karena mereka tak bisa menjaga dalam waktu yang lebih lama. Sehingga klien dan customer jadi kecewa atas pelayanan dan pekerjaan orang itu" ujar Alvi Hadi Sugondo

Sebenarnya membangun dan memelihara kepercayaan itu tidak sesulit yang kita bayangkan. Kuncinya adalah menjaga hubungan dan berkomunikasi yang baik serta memenuhi apa yang klien kita harapkan. Itu saja. 

Hindari terlalu banyak janji di depan atau PHP (Pemberi Harapan Palsu), karena ini yang menjadi biang kerok klien jadi kecewa. Lebih baik tak terlalu banyak janji tapi saat pelaksanaannya kita memberi banyak nilai tambah.  Ini yang paling disuka para klien dan customer.

"Menjaga kepercayaan sama pentingnya dengan menjaga profit bisnis. Karena keduanya saling berkaitan dan berhubungan erat. Semakin kita bisa menjaga kepercayaan maka semakin mudah kita mendapat order hingga menambah pendapatan. Sebaliknya, jika kurang bisa menjaga kepercayaan maka lambat laun akan semakin sulit mempertahankan apemasukan dan akhirnya akan semakin berkurang" ujar Alvi Hadi Sugondo

Kesimpulan yang bisa kita petik adalah jagalah kepercayaan yang sudah orang lain berikan, jangan kecewakan walau hanya sekali. Sebisa mungkin, beri nilai tambah dan jangan banyak janji diawal perjanjian. Tetap konsisten menjaga kualitas kerja dan selalu membangun hubungan komunikasi yang terbaik, agar hubungan makin harmonis. Tetap semangat.




http://karyapratama.co.id

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ALVI HADI SUGONDO "SENI MENJAGA KEPERCAYAAN DALAM HUBUNGAN BISNIS""